Salah satu karakteristik PTK adalah sifatnya yang
kontekstual sehingga tidak dapat digeneralisasi. Oleh karena itu wajib bagi
peneliti untuk mendeskripsikan setting atau latar penelitian
agar orang yang ingin menerapkan hasil penelitian Anda mengetahui konteksnya. Setting
menjelaskan tentang waktu dan tempat penelitian; siswa dan sekolah
yang digunakan; dan gambaran umum sekolah. Sebutan untuk siswa dalam PTK adalah
subyek penelitian, bukan obyek penelitian ataupun sampel. PTK tidak
memperhatikan tentang sampel karena biasanya seluruh siswa dalam kelas
dilibatkan.
Uraian tentang gambaran umum
sekolah diperlukan bagi pembaca yang ingin menerapkan hasil penelitian Anda.
Mereka perlu tahu apakah kondisi sekolah penelitian sama atau mirip dengan
kondisi sekolahnya. Jika mirip mereka akan menerapkan hasil-hasil Anda dengan
percaya diri. Gambaran umum sekolah mencakup status sekolah (SSN, RSBI, SBI);
ukuran sekolah dilihat dari jumlah ruang kelasnya (kecil, sedang, besar);
kualifikasi dan sertifikasi guru-gurunya (D3, S1, S2, S3, Sertifikat Pendidik
Profesional); rata-rata nilai UN siswa yang masuk sekolah; dan lingkungan
sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar