Jumat, 11 Januari 2013

Setting Penelitian Tindakan Kelas

Salah satu karakteristik PTK adalah sifatnya yang kontekstual sehingga tidak dapat digeneralisasi. Oleh karena itu wajib bagi peneliti untuk mendeskripsikan setting atau latar penelitian agar orang yang ingin menerapkan hasil penelitian Anda mengetahui konteksnya. Setting menjelaskan tentang waktu dan tempat penelitian; siswa dan sekolah yang digunakan; dan gambaran umum sekolah. Sebutan untuk siswa dalam PTK adalah subyek penelitian, bukan obyek penelitian ataupun sampel. PTK tidak memperhatikan tentang sampel karena biasanya seluruh siswa dalam kelas dilibatkan. 


Uraian tentang gambaran umum sekolah diperlukan bagi pembaca yang ingin menerapkan hasil penelitian Anda. Mereka perlu tahu apakah kondisi sekolah penelitian sama atau mirip dengan kondisi sekolahnya. Jika mirip mereka akan menerapkan hasil-hasil Anda dengan percaya diri. Gambaran umum sekolah mencakup status sekolah (SSN, RSBI, SBI); ukuran sekolah dilihat dari jumlah ruang kelasnya (kecil, sedang, besar); kualifikasi dan sertifikasi guru-gurunya (D3, S1, S2, S3, Sertifikat Pendidik Profesional); rata-rata nilai UN siswa yang masuk sekolah; dan lingkungan sekolah.

Tidak ada komentar: